Mobil Sering Korsleting di Musim Hujan? Kenali 4 Penyebabnya!

 


 

Memasuki musim penghujan, mobil yang Anda bawa untuk bepergian biasanya lebih rentan mengalami masalah. Dari yang ringan, seperti permukaan bodi yang kotor, hingga mogok akibat ruang mesin kemasukan air. Sayangnya, hal-hal kecil seperti ini kadang tak ditanggung sejumlah car insurance Indonesia, sehingga harus Anda tangani sendiri.

Salah satu risiko yang harus Anda antisipasi dari mobil saat intensitas hujan sedang tinggi adalah korsleting. Adapun sejumlah faktor penyebab yang perlu diketahui sebelum menanganinya, yaitu:


  • Masalah pada aki dan mesin

Kabel paralel aki sering kali menjadi pemicu korsleting pada mobil. Pemasangan baut yang kurang kencang pada komponen ini kerap kali memicu kebakaran pada ruang mesin. Oleh karena itu Anda harus pastikan kabel paralel aki terpasang dengan tepat untuk mencegah hal-hal buruk.

Kemudian, banyaknya kabel tambahan yang terpasang pada ruang mesin berpotensi mengganggu sistem kelistrikan kendaraan. Ada baiknya Anda mengecek rangkaian kabel pada ruang mesin, lalu rapikan untuk menghindari peluang korsleting di musim hujan.


  • Kabel terkelupas hingga putus

Pemicu berikutnya yang kerap menyebabkan korsleting pada mobil adalah kabel yang terkelupas. Ketika hal ini terjadi, kawat tembaga (konduktor) dan karet pelindung (isolator) dalam kabel akan menempel pada konduktor atau bagian lain yang dapat menimbulkan korsleting hingga kebakaran.

Selain kabel terkelupas, kabel putus juga bisa membawa berbagai masalah pada mobil. Semakin banyak kabel yang putus, semakin tinggi juga risiko mobil kena korsleting. Kalau didiamkan, bakal muncul percikan api yang dapat membakar kendaraan.


  • Kapasitas fuse yang terlalu besar

Beberapa orang memilih mengganti sekering atau fuse yang kapasitasnya lebih besar saat komponen tersebut putus. Namun, keputusan ini malah membawa masalah baru, yakni korsleting pada mobil akibat arus listriknya tak sesuai dengan yang dibutuhkan.

Untuk itu, Anda harus memahami dulu cara kerja fuse atau sekering pada mobil. Fuse putus merupakan tanda adanya aliran arus listrik berlebih yang membebani komponen. Hal ini yang akan membuat rangkaian listrik panas, meleleh, hingga mengganggu performa kendaraan.


  • Soket kemasukan air hingga terbakar

Air dalam jumlah kecil dapat mengalirkan listrik. Ketika masuk ke soket yang menghubungkan terminal positif dan negatif, air tadi bakal menyebabkan korsleting. Hal ini pun bakal rentan terjadi saat Anda mengemudikan mobil di tengah hujan deras.

Dalam kasus yang lebih parah, soket dapat terbakar karena ada lonjakan aliran listrik drastis. Tak berbeda jauh dari fuse, soket yang menerima pasokan listrik di atas kapasitas bakal menyebabkan komponen tersebut meleleh dan membuatnya menempel satu sama lain.

Semoga tips ini membantu Anda mengaplikasikan solusi yang tepat untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara di musim hujan.


 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mobil Sering Korsleting di Musim Hujan? Kenali 4 Penyebabnya!"

Posting Komentar