Mobil Alami Overheat? Inilah Solusi yang Harus Anda Ingat!

 


Overheat adalah kondisi ketika mesin kendaraan mencapai suhu yang terlalu tinggi. Penyebab utamanya adalah kegagalan fungsi sistem pendingin mesin mobil; mulai dari kipas yang rusak, tutup yang tidak sesuai, sampai tabung yang bocor. Memang betul jika kendaraan yang baru Anda beli dari dealer mobil second sudah melalui fase inspeksi menyeluruh sebelum sampai pada tangan Anda. Namun jika setelahnya Anda mengabaikan perawatan, maka bisa saja hal ini menimpa mobil bekas Anda.

Untuk itu, mari simak bagaimana solusi mengatasi kondisi overheat pada mobil second berikut ini. Agar ketika Anda mengalami hal serupa, Anda sudah tahu harus berbuat apa.

1.      Tepikan mobil

Solusi pertama ketika overheat—yang ditandai dengan kemunculan asap dari balik kap mobil—terjadi adalah menepikan kendaraan pada posisi aman. Selanjutnya, Anda perlu mematikan mesin demi mengembalikan suhunya pada taraf normal. Langkah ini akan mengurangi risiko kerusakan yang mungkin akan dialami oleh mesin mobil Anda.

2.      Buka Kap Mesin

Langkah berikutnya untuk mengatasi overheat adalah membuka kap mesin mobil dengan lebar-lebar. Hal ini berfungsi untuk mengurangi tekanan suhu panas yang ada di dalam kap mobil.

3.      Tidak Langsung Membuka Tutup Radiator

Mengingat kondisi overheat berawal dari sistem pendingin mobil (radiator) yang bermasalah, Anda mungkin terpikir untuk lekas mengeceknya seusai membuka kap mobil. Namun, ini adalah langkah yang salah. Sebab ketika mobil mengalami overheat, tutup radiator akan sangat panas suhunya. Jika Anda langsung menyentuhnya, jari-jari Anda akan terluka bakar. Oleh karena itu, hindarilah untuk langsung mengutak-atik radiator mobil selepas membuka kap mesin.

4.      Periksa Cadangan Air Radiator

Setelah setengah sampai satu jam, cobalah Anda mengecek radiator mobil Anda. Jika tutupnya sudah tidak terasa panas, Anda bisa membukanya untuk mengecek cadangan airnya. Jika air radiator Anda ada di bawah ambang normal, isilah dengan air biasa (khusus dalam kondisi darurat) atau coolant yang akan membantu proses pendinginan mesin mobil secara cepat.

5.      Cari Kebocoran

Langkah selanjutnya untuk mengatasi overheat ialah mencari kebocoran pada sistem pendingin mesin. Anda bisa mengintip bagian tabung, kepala silinder, lalu blok mesin untuk menemukan kejanggalan lain yang memicu terjadinya overheat.

Itulah dia solusi-solusi yang dapat Anda terapkan ketika mengalami kondisi overheat sewaktu berkendara. Langkah terakhir dari semua proses di atas ialah memanggil bantuan jika Anda merasa khawatir untuk melanjutkan perjalanan.

Sebaliknya, jika Anda merasa sanggup untuk terus melaju, tak usah tunggu mesin mobil second hingga dingin sempurna; cukup tunggu hingga mesin mobil tidak panas berlebihan. Dengan catatan, Anda tidak menyalakan AC dan tidak mengebut ketika berkendara kembali. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mobil Alami Overheat? Inilah Solusi yang Harus Anda Ingat!"

Posting Komentar